Suka Duka Belajar Online di Labschool



Hai hai! Selamat datang di Blog pertamaku. Di sini aku akan bercerita tentang beberapa suka dan duka ku selama sekolah online di labschool.

Apa suka dan duka selama belajar online?
Suka = 
- Gak perlu berat bawa buku
- Gak perlu bangun terlalu pagi karena gak berangkat langsung ke sekolah.
Duka =
- Gak ketemu langsung sama teman atau guru.
- Gak bisa langsung ngikutin acara atau praktek secara langsung.
- Gak bisa liat perpustakaan labschool secara langsung.
-Gak tau bentuk kelas secara langsung.
-Gak pernah ngerasain makanan di kantin labschool.
- Lebih banyak pr dibanding sekolah offline.
- Capek karena duduk berjam-jam.
Sebenarnya kalau ditanya "suka gak sekolah online?" aku kadang bingung untuk jawabnya di satu sisi aku suka karena gak perlu ribet, tinggal buka laptop, masuk zoom, duduk, dengerin. Di sisi lain aku gak suka karena gak ketemu secara langsung. Tapi tetap aja kalau ditanya "Mau belajar secara langsung gak?' pasti aku akan jawab iya karena aku pribadi lebih suka sekolah offline dibanding online.

Kenapa lebih suka sekolah offline di banding online?
Alasannya simpel karena labschool itu banyak acara-acara dan kegiatan, jadi aku lebih tertarik ikut sekolah offline dibanding online. Selain itu aku lebih suka sekolah offline karena bisa lebih gampang berinteraksi dengan teman dan guru, walaupun sekarang kita bisa tetap interaksi dari jauh melalui online tapi tetap aja rasanya beda kalau bertemu langsung dibandingkan bertemu online. Alasan selanjutnya adalah kalau offline aku lebih fokus untuk belajar karena gak terganggu dengan suara berisik dari sekitar rumah. 
Tapi aku tetap bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk belajar online dengan peralatan sekolah online yang lengkap. Karena diluar sana masih banyak anak yang gak bisa ikut sekolah online karena kekurangan dana untuk membeli peralatan sekolah online. Jadi, "gak bisa fokus saat belajar online" atau "gak menyukai belajar secara daring" tidak menjadi alasan untuk tidak mengikuti pelajaran apalagi bermalas-malasan. Karena kalau kita bermalas-malasan saat belajar online kita malah merugikan diri kita sendiri dan menyusahkan orangtua kita yang sudah berusaha banting tulang untuk mencukupi dana belajar online kita. Apalagi dimasa Covid-19 ini ekonomi sedang susah karena banyak orang yang terkena PHK (pemutusan hubungan kerja) dari pekerjaannya dan cukup banyak juga perusahaan yang bangkrut. Jadi kita perlu bersyukur karena masih dikasih kesempatan untuk mengikuti pelajaran daring dengan baik dan mencukupi.

Bagaimana cara fokus saat belajar online?
Nah, aku punya beberapa tips nih untuk fokus saat belajar online. 
Tips untuk fokus saat belajar online = 
1. Full Screen Mode.
Full screen mode ini dapat diterapkan pada aplikasi zoom metting kalian. Dengan menerapkan full screen mode ini kalian dapat terhindar dari gangguan notifikasi laptop saat sedang melalukan pembelajaran online di zoom.
2. Aktif Membuat Catatan.
Saat kalian aktif membuat catatan dari materi yang disampaikan maka kalian akan fokus pada catatan itu dan tidak terganggu oleh notifikasi atau suara berisik sekitar. Membuat catatan sendiri juga dapat mengasah daya ingat kita tentang materi yang disampaikan.
3. Jauhkan Ponselmu dari Tempat Belajar (berlaku untuk yang memakai laptop, komputer, atau tab).
Dengan kalian menjauhkan ponsel kalian akan sulit terganggu notifikasi dari hp kalian. Tapi cara ini hanya berlaku untuk yang belajar online memakai laptop atau tab. Mungkin  jika yang memakai hp untuk belajar online kalian bisa mematikan suara notifikasinya agar tidak terganggu.
4. Melakukan Istirahat yang Sebenarnya.
Caranya adalah jalan-jalan keluar sebentar, bergerak, olahraga ringan, memasak, melukis atau yang lain lain. Cara ini dilakukan untuk membuatmu jauh dari layar hp, laptop, komputer ataupun tab. Dengan cara ini kalian akan tetap bisa menjaga kesehatan mata kalian dan membuatmu tetap bergerak. Kalau aku biasanya memasak atau jalan-jalan sebentar di rumah karena dengan memasak dan jalan-jalan sbentar dapat menjauhkanku dari melihat layar laptop secara terus menerus.
5. Siapkan Cemilan atau Minuman Favorit Dekat Kalian.
Dengan cara ini kalian gak perlu ribet-ribet buat ngambil makanan atau minuman dan bisa fokus buat mendengarkan materi jadi gak ninggalin laptop.
 Tips ini aku dapatkan dari video tiktok dari akun @Maudy Ayunda. Berikut adalah link videonya. 
Udah liat kan link video tiktok diatas. Jadi itu adalah beberapa tips untuk fokus saat belajar online.

Kapan aku mulai menerapkan tips "cara fokus saat belajar daring"?
Hmm.... kalau kapannya itu aku kurang pasti, tapi aku sudah nemuin tips itu dari kelas 7 awal semester 2 dan baru mulai menerapkan tips itu sejak mei 2021 (mungkin). Tapi aku baru mulai terbiasa dengan tips itu saat kelas 8 jadi butuh sekitar 2 bulan untuk memulai kebiasan baru, itupun kadang-kadang masih susah untuk menerapkan tips nomor 3. 

Nah, segitu aja blog aku kali ini. Maaf kalau ada salah kata karena ini pertama kali aku pakai Blog dan ini adalah Blog pertama aku. Sampai jumpa lagi di blog berikutnya.







Komentar

  1. Semoga 0andemi ini segera berlalu dan kita bisa bertemu langsung di labschool

    BalasHapus

Posting Komentar