PENGALAMAN MENGIKUTI PTM DI SMP LABSCHOOL JAKARTA


Halo semua! Selamat datang di blog ke-5 aku. Bagaimana kabar kalian? aku harap kalian tetap dalam keadaan sehat. Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku di hari pertama mengikuti PTM (pembelajaran tatap muka) di SMP Labschool Jakarta pada tanggal 4 Januari 2022.

Pada hari pertama PTM, aku hampir terlambat karena kemacetan di jalan. Padahal dari kemarin malam aku sudah semangat buat PTM tapi malah hampir terlambat karena kemacetan lalu lintas. Untungnya orangtua ku mengambil jalan pintas dan aku dapat sampai disekolah tepat 10 menit sebelum bel berbunyi. Pada saat di sekolah aku agak bingung mencari kelasku yaitu kelas 8D, karena kelasnya itu banyak dan aku belum hafal letak kelas 8D. Akhirnya aku memberanikan diri untuk bertanya ke guru, untungnya guru-guru disini sangat ramah dan sabar karena aku sempat bertanya pertanyaan tentang kelasku dua kali berturut-turut. Akhirnya aku sampai di kelas setelah diarahkan oleh guru yang sedang piket. Saat masuk kelas aku agak gugup karena ini pertama kalinya dilakukan PTM full dan aku belum terlalu dekat dengan teman sekelas. 

Setelah masuk kelas, aku mulai mencari tempat duduk yang kosong. Aku dapat tempat duduk di tengah ruangan sekitar barisan ke-3, aku duduk disitu dan mulai beres-beres barang yang aku bawa. Suasana kelas sudah ramai karena sudah banyak siswa yang datang dan kursi-kursi yang awalnya kosong pun mulai terisi satu per satu. Kemudian Malaeka datang dan bertanya apakah tempat duduk disebelahku kosong. Aku mengangguk kemudian dia duduk disampingku, setelah dia membereskan barang bawaannya kami mulai mengobrol tentang hobi masing-masing. Dia bercerita tentang hobinya yang suka membaca komik dan ternyata kita memiliki hobi yang sama. Percakapan berlanjut sampai bel mulai belajar berbunyi.

Suasana kembali lebih tenang ketika Pak Treza (guru PPKN) masuk ke kelas. Pak Treza mulai mengajar dengan mengabsen siswa terlebih dahulu. Pak Treza mengajar dengan mengajak kita berdiskusi bersama jadi suasana saat belajar menyenangkan dan seru. Kita belajar sejarah dari video yang ditunjukkan lewat proyektor. Disela-sela diskusi aku menyempatkan untuk menulis catatan yang penting-penting dari penjelasan Pak Treza. Pelajaran berlanjut dengan menyenangkan. Setelah jam pelajaran PPKN selesai, Bu Ingah (guru IPA Biologi) masuk dan suasana kembali tenang. Bu Ingah mengajar lewat media PPT. Kami dijelaskan tentang peredaran darah dan jantung. Penjelasannya sangat mudah dimengerti dan gampang untuk dicatat. Saat jam pelajaran hampir selesai, Bu Ingah menyisakan waktu sekitar 10 menit untuk sesi tanya jawab.

Setelah jam pelajaran IPA selesai, kita memasuki waktu istirahat. Suasana diluar kelas mulai ramai karena banyak yang keluar kelas untuk sekedar menyapa teman atau makan diluar kelas. Namun, sementara kantin belum dibuka untuk menghindari kerumunan. Saat istirahat aku memakan bekal yang aku bawa di dalam kelas dan sesekali berbicara dengan Malaeka. Suasana kelas saat istirahat cukup ramai, karena banyak yang berbincang dengan teman sekelas atau teman dari kelas lain yang mampir ke kelas 8D. Waktu istirahat selesai dan jam pelajaran selanjutnya adalah IPS. Bu Sijo masuk dan suasana kembali tenang. Kita belajar IPS dengan media buku paket yang kita bawa. Bu Sijo juga menambahkan video yang ditampilkan lewat proyektor untuk tambahan media pembelajaran. Pelajaran berlangsung sangat cepat bagiku karena aku mulai ngantuk ditambah suasana yang nyaman untuk tidur siang. Untungnya aku tidak sampai tertidur dan masih bisa menyimak pelajaran cukup baik.

Bel terakhir berbunyi tandanya sudah waktu pulang, banyak siswa berhamburan keluar kelas dan langsung pulang. Tapi, juga ada siswa yang menunggu jemputan dan masih di sekolah untuk sekalian sholat dzuhur. Aku termasuk siswa yang masih di sekolah untuk sekalian sholat dzuhur berjamaah di masjid Baitul Ilmi yang terletak di atas ruangan digital lounge. Jika ingin sholat di masjid Baitul Ilmi maka kita harus menyiapkan peralatan sholat sendiri, hal ini dilakukan sekolah untuk mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19 secara tidak langsung. Setelah selesai sholat aku langsung pulang karena sudah dijemput.

Nah, ini merupakan cuplikan video pertemuan pertama pelajaran Informatika di kelas 8D pada saat PTM di SMP Labschool Jakarta yang dibuat oleh Pak Wijaya. Video tersebut diunggah pada Channel Youtube Wijaya Kusumah. Berikut adalah video nya = 

Sekian pengalamanku selama mengikuti PTM di SMP Labschool Jakarta. Walaupun awalnya aku gugup dan sempat hampir terlambat tapi ternyata PTM kali ini berjalan lancar karena guru-guru yang ramah dan sabar dalam membimbing pembelajaran. Teman-teman sekelas juga seru dan baik, walau kita belum terlalu kenal dan dekat karena ini PTM pertama tapi aku harap kedepannya kita bisa makin dekat dan mengenal satu sama lain. Selain itu fasilitas di sekolah juga sangat lengkap dan memudahkan dilakukannya pembelajaran. Namun, sayangnya ada beberapa fasilitas yang ditutup karena takut menimbulkan keramaian. Seperti kantin contohnya, kantin merupakan salah satu fasilitas yang aku sukai setiap pergi ke sekolah karena didalamnya terdapat banyak tempat jualan makanan yang bervariasi rasa nya. Walaupun kantin ditutup, tapi masih ada perpustakaan yang juga menjadi salah satu fasilitas yang aku sukai karena ruangannya adem, bersih, dan juga desain yang bagus. Di dalam perpustakaan banyak buku yang dapat kalian baca atau pinjam, walau aku gak suka baca buku tapi ruangan perpustakaan bisa jadi ruangan buat ngerjain tugas atau mencatat materi karena suasana nya tenang jadi kita bisa fokus.

Semoga keadaan menjadi lebih baik sehingga fasilitas sekolah yang di tutup bisa kembali dibuka secara normal. 

Terimakasih sudah membaca dan mampir ke blog aku. 

Sampai jumpa di blog selanjutnya! 😄

#SMPLabschoolJakarta

Komentar

  1. tambahkan video dari youtube, bisa diambil dari https://youtube.com/wijayalabs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya tambahkan yang terbaru ya pak, ada di paragraf ke-7. Terimakasih atas masukan nya pak.

      Hapus
    2. ok terima aksih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik

      Hapus
  2. Balasan
    1. Makasih Keyshaa, desain blog kamu juga bagus. Tadi baru aku liat hehehe.

      Hapus

Posting Komentar